Langsung ke konten utama

Tidak percaya saya pernah gemuk


Jika melihat photo saya sekarang, maka tidak Ada yang percaya bahwa saya pernah gemuk. Seingat saya berat badan saya mencapai bobot 58kg. Tapi adik-adik saya merasa bobot saya mencapai 80kg. Jadi yang benar yang Mana?
Pada saat saya mulai sekolah menengah atas (SMU) saya pindah dari desa kecil sidomulyo ke kota bandar lampung, dimana saya jauh dari orang tua Dan menumpang di rumah Bibi (kakak ibu saya). Saat di rumah Bibi saya terkesan jauh dari pengawasan orang tua di tambah hormon pertumbuhan dan Satu lagi di rumah saya di desa tidak Ada kulkas, Karena Bapak saya pengidap asma akut jadi tidak mengijinkan kami anak nya konsumsi makanan dingin apalagi es. Maka di tempat Bibi saya bisa sepuasnya minum es dan menyimpan stock makanan saya yang bisa kapan saja saya makan.
Di masa pubertas itu saya juga mengalami roller coaster emotional. Saya mulai jatuh cinta pertama kali dan punya pacar pertama,pasti pada bilang cieee...hehe. Hal itu mempengaruhi pola makan saya. Kalau sedang sedih atau galau saya cendrung makan. Makanan saya pada waktu itu gorengan, kripik pedas balado dan makanan rumah di tambah kudapan somay, ketoprak, pempek yang sering di bawakan oleh kakak sepupu kalau dia pulang dari kerja (kakak part-time bantu bisnis kuliner temannya). Lengkap sudah dan berat badan saya naik drastis. Akibat dari berat badan naik, saya harus beli baju baru, karena gampang keringatan jadi bau keringatan dan rambut jadi berminyak. Meski semua akibat itu membuat tidak nyaman, namun saya belum berfikir untuk diet menguruskan badan. Sampai akhirnya saya lulus SMU, dan masuk perguruan tinggi jurusan keguruan, dimana rata2 mahasiswanya perempuan.
Singkat cerita saya minder dan mulai kesulitan mencari baju untuk  ke kampus. Saya bertekad untuk menguruskan badan, dengan motivasi kalau saya kurus saya bisa pakai baju kerah sabrina yang pada tahun 2004 sedang trend. Cara diet saya cukup sederhana:

1. pagi saya hanya makan biskuit dan minum air putih.
2. Siang hari saya makan nasi lengkap dengan sayur dan lauk satu porsi itu untuk simpanan energi karena kuliah saya pada waktu itu dari siang sampai sore.
3. Pada sore hari saya makan roti atau crackers, buah potong atau rujak Dan minum segelas jus jeruk.(jangan kasih es)
4. Saya tahan tidak ngemil gorengan, pizza, kripik, semua yang karbo.
5. Ga makan pedas karena pedas bikin ketagihan.
6. Minum air putih menurut saya itu bikin sedikit bisa nunda lapar.
7. Sugesti saya bisa maka saya ga perlu tergoda karena saya sudah pernah makan itu semua.
8. Tekad. Karena saya bertekad kurus dan bisa pakai baju Sabrina, ga lecet lagi di area pangkal paha (maaf), keringat berlebih (kadang sampai netes dahi, kalau extrem sampai di ketiak ga tertahan harus ganti baju atau mandi lagi padahal baru mandi beberap jam lalu)
Menurut saya semua langkah saling berhubungan paling utama tekad, di bantu langkah-langkah rutin/konsisten lalu sugessti diri jika kamu tergoda. Semua itu rutin saya lakukan hingga 3 bulan. Setiap bulan berat badan saya turun 3-4kg. Bukan Hal mudah 3 bulan menjaga pola maka seperti itu. Ada saja godaan teman mentraktir karena ulang tahun, teman ajak makan sepulang kampus dan lain2. Tapi saya ingat kembali motivasi saya maka saya berhasil mencapai berat ideal saya 48kg pada waktu itu. Banyak perubahan yang saya rasakan, jadi keringat tidak sebanyak dulu, baju jadi lebih mudah mencarinya, dulu belum ada big size store sebanyak sekarang.
Kekurangannya dan kelebihank
1. Jadi terkesan ambisiambdan menyiksa diri
2. Setelah 10 tahun (2005-2016) saya kena dispepsia) saya masih belum yakin pasti, tapi bisa jadi ini salah satu pemicu. Selain load kerjaan dan tekanan di tempat kerja.
3. Bisa cepat turun berat badan.
4. Bisa capai target diet lebih mudah.
5. Merasa jadi orang yang bisa disiplin dan berpendirian teguh.
6. Ga repot beli banyak baju ganti, gantian beli baju ukuran S yang unik-unik.
7.Bisa sharing tips kebanyak orang. Sejak saya berhasil diet ga terhitung berapa orang yang bertanya dan saya senang sudah bisa membantu. Namun baru sekarang saya bisa tulis di blog.

Dan cara saya maintance berat badan saya bisa ideal hingga sekarang adalah dengan tetap makan seporsi 3 atau dua kali sehari tergantung kesibukan. Setiap sabtu saya detoks makanan, dengan cara makan timun atau pisang sampai sore, malam saya makan nasi Dan lauk porsi biasa. Satu lagi, saya orang yang suka jalan kaki, maka selama seminggu minimal saya jalan kaki 3km, minum air putih. Saya puas dengan berat badan saya di angka 45kg. Inti dari diet adalah komitmen dan disiplin. Tidak ada yang instan semua perlu proses dan pengorbanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pratista Skincare pilihan sesuai kebutuhan

Kalau mendapat kesempatan di kirim produk pilihan sesuai dengan kebutuhan kulit kita pasti senang yaa. Itu yang aku rasakan ketika aku dikirimi produk pilihan dari pratista. Lebih senang lagi karena setelah pemakaian selama 1 bulan kulit aku menjadi lebih baik. Rangkaian produk yang aku coba dari pratista adalah 1. Facial wash 2. Central enrich Essence 3. Centella enrich serum 4. Centella enrich cream 5. Centella enrich day cream Produk tersebut datang dengan dus rapi dan di dalam nya ada kotak kecil bermotif marble yang bener-bener bagus. Kelima rangkaian produk diatas tersusun rapi di dalam kotak jadi aku ga perlu cari-cari kalau mau pakai produknya. Sesuai namanya, rangkaian produk Pratista skincare ini terdiri dari bahan Centella Asiatica. Teman wanita pasti sudah pernah dengar bahwa produk skincare yang mengandung Centella Asiatica sangat bagus karena berfungsi meningkatkan produksi collagen yang mana kulit mulai berkurang seiring bertambahnya usia jadi pas banget kan bu

MOXA APLIKASI FINANSIAL TERBAIK SESUAI KEBUTUHAN

 Sebagai bagian dari generasi milenial yang hidup di jaman serba digital seperti sekarang ini, dimana kecepatan,ketepatan dan kecanggihan adalah hal yang mutlak sangat di butuhkan dalam menununjang setiap aspek di dalam hidup keseharian.Dengan ada banyaknya kebutuhan yang saling terkait, maka perlunya kecanggihan atau suatu hal yang bisa mewujudkan kemudahan yang praktis untuk digunakan, guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.  Dan salah satu dari berbagai kebutuhan tersebut Dan termasuk kebutuhan esensial bagi saya  adalah  kebutuhan dari segi Finansial. Finasial bukanlah sesuatu yang bisa dipisahkan dari sisi kehidupan setiap orang,tak elak saya sebagai seseorang milenial. Finasial sendiri yang berarti sesuatu yang berkaitan dengan pegelolaan keuangan yang mencakup berbagai bidang seperti investasi, pinjaman,anggaran, tabungan dan masih banyak lagi merupakan hal-hal yang terus berkembang saat ini.  Untuk kebutuhan finansial, saya ingin berbagi tentang suatu jasa finansial dari br

Beauty event with Sophie Paris

Halo teman wanita! Aku Kali ini mau cerita pengalaman aku ke event salah Satu brand favorite aku bahkan mungkin juga favorite banyak teman wanita disini. Brand ini sudah ada sejak lama di Indonesia. Aku kenal brand ini dari zamannya mama aku. Beliau sebagai penyuka tas selalu pakainya produk dari Sophie Martin. Waah udah kebayang ya kalo dengar nama Sophie Martin pasti top of mind nya kalau cari tas. Aku punya beberapa koleksi tas Sophie Martin yang memang bisa jadi andalan untuk menunjang outfit sehari-hari. Eits tapi bukan itu aja ada banyak hal baru dari Sophie Martin yang sudah menyesuaikan kebutuhan kita ni. Sophie Martin ga cuma menjual tas yang bagus, kece Dan elegant, tapi Sophie Martin juga berkembang dengan menjual produk kecantikan. Produk kecantikannya ga kalah bagus dari produk fashionnya. Sophie Martin cosmetic bener-bener mengeluarkan produk yang berkualitas, sekaligus innovative. Mulai dari cosmetic complexion,corrective hingga decoration semuanya lengkap. D